Back

9 Life Skills yang Diajarkan SMP Islam Terbaik Jakarta Barat

SMP Islam terbaik Jakarta Barat SMP Leaderss Khalid bin Walid membekali seluruh siswa siswinya dengan ragam keterampilan yang dapat berguna demi masa depan mereka. Life skills saat ini jadi hal penting yang wajib dimiliki semua orang.
Tak memungkiri dengan perkembangan jaman yang makin pesat ini menuntut siapapun wajib siap menghadapi perubahan cepat. Apa saja life skills yang perlu dimiliki peserta didik?
Mengenal Life Skills SMP Islam Terbaik Jakarta Barat
Sebenarnya, apa itu life skills yang tak sedikit dibicarakan era sekarang? Mengapa hampir semua orang saat ini dituntut untuk memilikinya agar hidup di masa mendatang lebih merasakan kemudahan?
Life skills atau kecakapan hidup, merupakan kemampuan adaptasi serta berperilaku positif yang mampu membuat seseorang menerima perubahan serta tantangan dalam kehidupan dengan cara efektif.
Konsepnya pun disebut pula sebagai kompetensi psikososial, yang mana subjek tersebut bergantung pada norma-norma sosial, ekspektasi di lingkungan serta kemampuan berperilaku baik dianggap sebagai kecakapan hidup.
SMP Islam terbaik Jakarta Barat turut membekali peserta didik dengan kemampuan life skills seiring berkembangnya jaman. Dengan begitu, diharapkan semuanya lebih siap ketika dihadapkan dengan perubahan.
Menurut UNICEF, ada enam keahlian yang diidentifikasi ke dalamnya;
” Pembuatan keputusan, memecahkan masalah;
” Berpikir kreatif serta berpikir kritis;
” Empati serta kesadaran diri;
” Tabah serta tahu tutorial melepaskan emosi serta stress;
” Asertif, ketenangan hati;
” Keahlian interpersonal serta komunikasi.
Life Skills Wajib Dimiliki Siswa SMP Islam Terbaik Jakarta Barat
Lantas, apa saja keahlian hidup yang akan diajarkan serta dimiliki para siswa SMP Islam terbaik Jakarta Barat? Berikut diantaranya.

  1. Mengenali Diri
    Mengenali diri sendiri memang tak mudah, namun ini salah satu keahlian yang dibutuhkan dalam mempermudah segala hal. Dengan mengenali diri nantinya siswa dapat tahu karakternya, kekuatan, kelemahan.
    Keahlian satu ini pun letak ditanyakan di dunia kerja.
  2. Sikap Empati
    Tidak semua orang dapat berempati. Sikap ini sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan melatih rasa empati, peserta didik mampu merasakan apa yang dialami oleh orang lain.
    Kelebihannya pun dapat menambah kemampuan dalam interaksi sosial.
  3. Berpikir Kritis
    Kemampuan dalam berpikir dengan cara kritis sangat dibutuhkan dalam hidup, terlebih ketika dihadapkan oleh permasalahan. Siswa dilatih untuk obyektif dalam mencerna informasi, serta berpikir dengan cara sehat.
  4. Pemikiran Kreatif
    Di samping berpikir kritis, kita juga perlu pemikiran yang kreatif. Menemukan tutorial baru dalam penyelesaian masalah, elaborasi ide serta sudut pandang lebih fleksibel.
  5. Pembuatan Keputusan
    Kemampuan dalam pembuatan keputusan sangat dibutuhkan terlebih ketika peserta didik SMP Islam terbaik Jakarta Barat mulai beranjak dewasa. Mereka wajib menentukan sendiri pilihannya di masa depan.
  6. Komunikasi Efektif
    Komunikasi tidaklah mudah, perlu keahlian dalam menyampaikan info dengan cara efektif baik verbal serta non-verbal. Dengan memiliki keahlian berkomunikasi, kelak peserta mampu menempatkan posisinya ketika berada di suatu tempat.
  7. Pemecahan Masalah
    Sulit dalam memecahkan kasus dapat memengaruhi kualitas hidup serta psikologis. SMP Islam terbaik Jakarta Barat mengajarkan siswa siswi untuk cakap dalam mengatasi masalah melalui ragam solusi.
  8. Kelola Emosi serta Stress
    Siapapun akan dihadapi dengan rasa stress serta emosi negatif. Kedua hal tersebut wajar, akan namun perlu keahlian dalam pengelolaannya. Dengan ahli mengelola emosi negatif tersebut, hidup dapat lebih tenang serta sehat.
  9. Keahlian Interpersonal
    Manusia merupakan makhluk sosial yang tak dapat lepas dari orang lain. SMP Islam terbaik Jakarta Barat melatih para siswa untuk ahli dalam kemampuan bersosialisasi, komunikasi interpersonal.
    Demikian keahlian hidup yang SMP Islam terbaik Jakarta Barat Abata ajarkan pada peserta didik. Semoga bermanfaat.

    1 Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *